Pages

Hari Pohon Dunia

" Kami juga berkampanye kepada para pemasang iklan-iklan itu agar tidak memaku pohon karena tidak bagus dilihat, apalagi pohon itu membantu kita untuk kesimbangan kehidupan. "

Badan Pengurus Kabupaten Oi Buleleng, Bali mengagas aksi pohon untuk kehidupan dilakukan dengan aksi cabut paku pada pohon-pohon perindang di pinggir jalan Kota Singaraja.

"Badan Pengurus Kabupaten Oi, kumpulan penggelar penyanyi legendaris Iwan Fals di Buleleng ingin bersama menginspirasi generasi muda untuk bersama-sama menjaga pohon," kata Ketua Badan Pengurus Kabupaten Oi Buleleng, Komang Andi Wirawan, Senin.

Ia menjelaskan, gagasan aksi pohon untuk kehidupan diawali dengan aksi cabut paku pada sejumlah batang dan dahan pohon perindang di pinggir jalan yang berada di Kawasan Jalan Ngurah Rai Singaraja.

"Pelaksanaannya dirangkaikan dengan Peringatan Hari Pohon Se-Dunia, bahkan hampir sekitar 10 kilogram paku berbagai ukuran dapat dikumpulkan," kata dia.

Andi Wirawan mengatakan, kegiatan yang diikuti Badan Pengurus Kelompok Oi Se-Buleleng itu juga meminta secara tegas kepada pemasang spanduk maupun selebaran tidak memasang pada pohon dengan cara memaku, sebab paku yang tertancap pada dahan maupun batang pohon akan menganggu pertumbuhan pohon tersebut.
"Kami juga berkampanye kepada para pemasang iklan-iklan itu agar tidak memaku pohon karena tidak bagus dilihat, apalagi pohon itu membantu kita untuk kesimbangan kehidupan," ungkap Andik.

Selain itu, kata dia, aksi cabut paku yang dilakukan dengan membagi anggota Oi secara berkelompok melihat tidak satupun pohon perindang di pinggir jalan Ngurah Rai terbebas dari tancapan paku, bahkan beberapa pohon diantaranya mengalami kerusakan akibat paku yang menancap lama dan berkarat.

Bukan hanya itu saja, Andi Wirawan menambahkan, pihaknya juga merencanakan kembali melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon di Pulau Menjangan yang nantinya menyesuaikan dengan pohon yang dikhususkan di lokasi itu, selain itu juga penanaman pohon akan dilakukan pada sejumlah titik yang masih dalam penjajakan.

Selain acara pohon untuk kehidupan, BPK Oi Buleleng menghadiri pelaksanaan Musyawarah Kelompok Oi Serdadu di Banjar Paketan Kelurahan Paket Agung, dalam Muskel itu terplih secara aklamasi Yan Ade Putra sebagai Ketua BP Kel Oi Serdadu.

"Selain itu kami juga punya Band Oi tampil menyemarakan kegiatan Pameran dan Lomba Batu Akik di Mapolres Buleleng yang mampu membius para penonton di Halaman Mapolres Buleleng sebagai salah satu upaya mengenalkan Oi di Bali Utara," kata dia